Headlines News :
Home » , , » Siswa SMK 1 Rembang Wakili Indonesia Lomba di Jepang

Siswa SMK 1 Rembang Wakili Indonesia Lomba di Jepang

Written By Kabare Bralink on Sunday, June 1, 2014 | 3:54 PM

Purbalingga - Angger Putri Tanjung peraih mendali emas Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) katagori desain poster yang berasal dari Desa Tanalum Kecamatan Rembang, akan kembali mengikuti lomba seni siswa SMA se Asia Pasifik. Menurut guru pembimbing Angger, Susiawan Hariyanto lomba akan dilaksanakan pada tanggal 22 Juni sampai dengan 6 Juli 2014 di Tokyo Act Center, Jepang. Lomba ini akan diikuti oleh 135 negara di Asia Pasifik.

“Persiapan-persiapan telah kami lakukan sedemikan rupa, baik penguatan insting atau bakat, juga dilakukan les pidato bahasa Inggris. Penguasan bahasa Inggris sangat diperlukan pada saat presentasi di depan juri,”kata Hariyanto pada saat mendampingi Angger menghadap Bupati Purbalingga bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala SMK 1 Rembang di Peringgitan, Rabu (28/5).

Hariyanto menambahkan Angger merupakan siswa yang berprestasi di bidang desain poster. Untuk mengikuti lomba desain poster tingkat internasional tidak mudah. Setelah menang lomba desain tingkat nasional, Angger diadu lagi untuk membuat poster dengan peringkat lima besar nasional. 

“Dari seleksi ini Angger akhirnya menjadi wakil Indonesia, dan tareget kami adalah masuk 10 besar. Waktu yang digunakan hanya 8 jam dan tema yang digunakan nantinya tergantung dari amplom yang dibagikan oleh Panitia. Setiap peserta akan memperoleh tema yang berbeda”kata Hariyanto

Tolerance is Beautiful
Poster dengan judul Tolerance is Beautiful, menjadikan Angger terpilih mewakili Indonesia untuk mengikuti lomba seni siswa SMA se Asia Pasifik. Angger menjelaskan judul yang diambil ini berasal dari ide pada saat jalan-jalan di Jogyakarta, pada saat itu Angger melihat seorang ibu-ibu tua dengan berpakaian sederhana berjualan “grontol” (jagung pipil godog) di depan took emas. Yang ternyata sama pemilik took emasnya tidak diusir. 

“Toleransi yang yang saya lihat antara penjual emas kepada penjual grontol inilah yang saya tuangkan menjadi judul poster saya,”kata Angger.

Angger menjelaskan toleransi adalah cahaya kehidupan, toleransi dalam poster saya itu digambarkan dalam bentuk rajutan. Dan untuk menopang toleransi itu harus ada empat penopang yang tergambar dalam bentuk orang berjumlah empat. 

“Dalam filosofis jawa empat orang tersebut adalah teken, tekun, tekan dan temoto. Teken sebagai pegangan hidup, tekun itu serius, tekan itu samapai dan temoto itu tertata. Jadi makna yang terkandung dalam poster adalah apabila semua orang menjunjung tinggi toleransi maka kehidupan ini akan temata (tertata)” jelas Angger.

Sedangkan Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto  sangat bangga dengan prestasi yang telah dicapai Angger. Kerena dengan prestasi yang gemilang, seorang anak desa bisa mengharumkan nama Purbalingga bahkan Indonesia di tingkat Internasional.

Dengan banyaknya prestasi yang pada anak didik,Sukento mengharap kepada seluruh guru di Purbalingga untuk mencari bibit unggul yang berprestasi, memeliharanya dengan pemberian ilmu pengetahuan dan untuk mengantarkan anak didiknya untuk berprestasi.

“Kepada seluruh adak didik, capailah cita-cita yang lebih tinggi, karena dalam Islam amalan yang tidak akan ada habisnya adalah amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa dari anak soleh,”kata Sukento.

Sukento juga menambahkan kepada seluruh masyarakat Purbalingga yang berkecukupan dan diberi kelebihan rejeki untuk ikut membantu terhadap anak-anak yang punya prestasi, agar mereka bisa meraih cita-citanya.

Angger Putri Tanjung adalah anak dari dua bersaudara dari pasangan Erizon dan Lidia Nining Purwanti. Alamat Rumah di Desa Tanalum RT.01 RW.01 Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Bakat yang diperolehnya berasal dari kakeknya yang seorang pelukis. Pembuatan Poster ini menggunakan teknik manual dan digital. Pembutan poster pertama dengan cara manual dengan menggunakan lukisan tangan yang kemudian di scan yang kemudian dimasukan kedalam program photoshop dan corel draw. (KabareBralink-Humas/dy)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Braling - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis