Headlines News :
Home » , , » Humas Pemerintah, Antara Corong dan Talang Informasi

Humas Pemerintah, Antara Corong dan Talang Informasi

Written By Kabare Bralink on Tuesday, November 18, 2014 | 5:46 PM



PURBALINGGA – Humas pemerintah di zaman keterbukaan informasi sekarang tidak hanya berfungsi sebagai corong atau penyedia dan penyampai informasi dari pemerintah saja. Namun dalam perkembangannya, humas pemerintah juga harus mampu berfungsi sebagai talang atau penampung informasi dari masyarakat.
“Peran seorang humas sekarang tidak sebatas menjadi corong, namun sebagai fasilitator. Tidak hanya menyampaikan misi pemerintah, tapi juga harus siap berinteraksi dengan masyarakat.” ujar  Wisnu Widjanarko, Dosen FISIP Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, dalam Pertemuan Bakohumas ke 2 tahun 2014, di Operation Room Graha Adiguna komplek Pendapa Dipokusumo, Selasa (18/11).
Kegiatan rutin yang diikuti petugas kehumasan dari jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Purbalingga, di buka oleh Kepala Bagian Humas Setda,  Rusmo Purnomo, mewakili Bupati.
Menurut Wisnu, sekarang di masyarakat terjadi banjir informasi, bukan hanya dari pemerintah namun juga dari sesama masyarakat itu sendiri. Bahkan informasi yang beredar di masyarakat, lanjut Wisnu, banyak yang seolah-olah benar dan menggambarkan suatu peristiwa, namun perlu diverifikasi dulu kebenaranya.
“Humas harus mampu mengelola opini dan aspirasi khalayak terkait program dan kegiatan yang bersentuhan dengan publik. Sehingga terbangun partisipasi masyarakat untuk mendukung kebijakan dan program pemerintah.” tandasnya.
Dibagian lain, Wisnu juga mendorong para pengelola kehumasan pemerintah untuk memanfaatkan media sosial sebagai peluang dan pilihan berkomunikasi dengan khalayak. Sebab, media sosial yang tengah menjadi trend di Indonesia,  dapat dijadikan media untuk membangun interaksi yang lebih cepat, massif, dan personal.
Wisnu mengingatkan, sebelum memutuskan berkomunikasi dengan media sosial, aparat kehumasan wajib mengetahui  dan memahami jenis serta karakter media sosial, psikologi audiens, etika dan hukum bermedia social serta teknis pengelolaanya. (kabarebralink/humas)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Braling - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis