Headlines News :
Home » , » Potensi Parkir Purbalingga, Mencapai Miliaran Rupiah

Potensi Parkir Purbalingga, Mencapai Miliaran Rupiah

Written By Kabare Bralink on Monday, November 3, 2014 | 8:54 AM


PURBALINGGA - Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhendrianto mengungkapkan, potensi pendapatan parkir di Purbalingga seharusnya mencapai miliaran rupiah. Dari survey yang telah dilakukan, potensinya hingga mencapai 4 miliar lebih per tahun.

“Seharusnya, potensi parkir yang ada di Purbalingga mencapai 4 miliar per tahun, sehingga ini menjadi tantangan kita bersama untuk membenahi, serta memperbaikinya agar pengelolaannya lebih baik lagi.” tuturnya, usai Rakor Ketahanan Pangan Selasa (28/10) lalu di Ruang Ardilawet Gedung A Komplek Setda Purbalingga.
Bupati mempunyai wacana agar seluruh  pengelolaan parkir dikelola oleh pihak ketiga. Harapannya akan semakin bagus, dan mampu melampaui target yang dinginkan.

“Saya mempunyai wacana tahun semua pengelolaan parkir, diserahkan kepada pihak ketiga, Pemkab akan siap memfasilitasi, dengan mengadakan lelang. Selain itu, dalam  pelaksanaanya nanti, jangan sampai ada itervensi dari pihak manapun. Pokoknya perusahaan yang berani tinggi dalam lelang, itu yang kita pilih.” katanya.

Menurutnya, saat ini hanya parkir di Pasar Segamas yang berhasil menyumbang pendapat asli daerah (PAD) sesuai target, oleh sebab itu,  untuk semua pengelolaan parkir di Purbalingga, Pemkab akan menggunakan  jasa pihak ketiga.
Kepala Pasa Segamas Purbalingga, Sunarto mengatakan, pihaknya menyambut baik gagasan bupati yang akan menyerahkan pengelolaan parkir kepada pihak ketiga, karena memang potensi parkir di Purbalingga sangat besar.

“Saya sangat setuju, jika Pemkab akan menyerahkan pengelolaan parkir kepada pihak ketiga, karena potensi parkir di Purbalingga sangat besar. Sehingga, apabila dikelola secara benar dan professional, hasilnya akan semakin bagus, serta diharapkan target  setorannya dapat tercapai.” katanya.

Sunarto menjelaskan, bahwa tahun ini, pihaknya menargetkan setor PAD kepada Pemkab Purbalingga sebesar 2 miliar rupiah. Saat ini, pihaknya setor ke kas daerah sebesar Rp 83 juta per bulan, sehingga target setor 2 miliar kepada Pemkab, optimis akan terpenuhi.

“Kami menggandeng pihak ketiga dalam pengelolaan parkir, tarif pakir sesuai dengan peraturan daerah (Perda), yaitu untuk kendaraan bermotor sepeda motor, sebesar Rp 1.000, serta mobil tarifnya Rp 2.000,-, karena Pasar Segamas merupakan lokasi khusus. Untuk itu saya optimis, bahwa  target tahun ini setor PAD kepada Pemkab  bisa terlampaui.” tuturnya.

Sunarto menambahkan, bahwa pada tahun 2013, sudah menyetorkan PAD kepada Pemkab sebesar Rp 1,7 miliar, dengan pengelolaan yang semakin baik, serta layanan yang ditingkatkan, dirinya berkomitmen, untuk terus menaikan target setoran .

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika (Dinhubkominfo) Kabupaten Purbalingga, Jonathan Eko Nugroho mengatakan, bahwa target parkir di Kabupaten Purbalingga pada tahun 2013 tercapai 100 persen. Sedangkan untuk tahun ini perolehannya sudah sudah mencapai 80 persen.

"Kami optimis dengan sisa waktu dua bulan ini, target parkir di tepi jalan, tahun 2014 dapat tercapai. Sedangkan parkir di tempat-tempat khusus menjadi tanggung jawab masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD), misalnya Pasar Segamas, Dinperidagkop, Stadion Goentoer Darjono Dinbudparpora, termasuk tempat-tempat wisata lainnya." tuturnya.

Jonathan menambahkan, bahwa target PAD yang dikelola Dinhubkminfo Kabupaten Purbalingga, dua tahun berturut-turut, dari tahun 2012, dan 2013 targetnya, tercapai 100 persen. (kabarebralink/humas)

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Braling - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis