Headlines News :
Home » , , , , , , , , , , , » Pelaku Wisata Kebun Binatang dan Aquaria Terbitkan Majalah

Pelaku Wisata Kebun Binatang dan Aquaria Terbitkan Majalah

Written By Kabare Bralink on Thursday, June 25, 2015 | 2:59 PM

PURBALINGGA – Pelaku wisata kebun binatang dan aquaria yang tergabung dalam Forum Kerjasama Kebun Binatang dan Aquaria (FKKBA) Jateng – DIY menerbitkan majalah ‘ Refreshing’. Majalah dengan motto ‘Get Learn-Get Joy-Get Fun’, disediakan cuma-Cuma dan ekslusif kepada pengunjung setia tempat wisata anggota FKKBA di Jateng dan DIY.
            Ketua FKKBA Jateng – DIY, Junjung SE mengatakan,  Refreshing merupakan wahana bagi FKKBA untuk saling berbagi informasi, pengalaman dan pengetahuan yang berkaitan dengan kebun binatang dan taman aquaria. “Media ini sekaligus menjadi sarana silahturahmi sekaligus untuk memperkokoh eksistensi FKKBA se Jateng dan DIY,” kata Junjung yang juga Manajer Taman Wisata Purbasari Pancuranmas Purbalingga.
            Dikatakan Junjung, media yang tidak diperjualbelikan ini selain didistribusikan Cuma-Cuma untuk pengunjung setia anggota FKKBA juga didistribusikan ke biro perjalanan wisata, instansi pemerintah, keluarga dan masyarakat umum. “Media ini paling tidak bisa sebagai sarana promosi dan mendukung kunjungan wisata ke obyek wisata anggota FKKBA,” kata Junjung, Kamis (25/6).
            Junjung menambahkan, FKKBA saat ini beranggota 23 taman wisata satwa yang tersebar di Jateng dan DIY. Anggota FKKBA antara lain Taman Marga Satwa Gembira Loka Zoo Yogyakarta, Taman Margasatwa Semarang, Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara, Reptil and Insect Parka Owabong Purbalingga, Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuranmas Purbalingga, kebun binatang obyek wisata Gajah Mungkur Wonogiri, Taman Kyai Langgeng Magelang, Taman satwa khusus mamalia air PT Wersut Seguni Indonesia Kendal, dan sejumlah taman wisata lain di Jateng.
            Majalah refrreshing tampil full color dengan 32 halaman termasuk cover. Redaksi majalah saat ini berkantor di TWP Purbasari Pancuranmas Purbalingga.  Selain mengangkat liputan tentang taman satwa, Refreshing juga mengupas liputan sejumlah daya tarik wisata lain seperti Baturaden, Goa Lawa Purbalingga, Borobudur Dagi Hill Night Adventure, agro wisata Tirto Arum Baru Kendal, Agrowisata Sido Muncul Semarang, agrowisata Sondokoro Karanganyar dan sejumlah liputan menarik lainnya.
            Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga Ir Prayitno, M.Si menyambut positif terbitnya majalah Refreshing. Majalah ini diharapkan menjadi media promosi wisata khususnya kebun binatang dan aquari. Tempat wisata yang menyuguhkan aneka jenis binatang dan ikan (aquaria) baik yang dikelola pemerintah maupun swasta dan perorangan pada dasarnya merupakan lembaga konservasi satwa liar atau tumbuhan diluar habitatnya (ex-situ). Lembaga itu bisa berfungsi  sebagai tempat pendidikan, peragaan, penitipan sementara satwa, sumber indukan dan cadangan genetik, sarana rekreasi serta penelitian ilmu pengetahuan.
            “Kehadiran majalah Refreshing tentunya menambah pemahaman akan konservasi satwa liar atau satwa langka bagi anggota FKKBA pada khususnya dan masyarakat wisatawan pada umumnya,” kata Prayitno. (y)

Ket foto :
Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Wisata Dinbudparpora Purbalingga RR Sri Mulyani menunjukkan majalah Refreshing terbitan FKKBA.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Braling - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis