Headlines News :
Home » , , , , , , , , » Tiga Pemuda Purbalingga Masuk Nominasi Pemilihan Pemuda Pelopor Jateng

Tiga Pemuda Purbalingga Masuk Nominasi Pemilihan Pemuda Pelopor Jateng

Written By Kabare Bralink on Thursday, July 2, 2015 | 10:57 PM

PURBALINGGA – Tiga pemuda Purbalingga berhasil lolos dalam pemilihan pemuda pemuda pelopor tingkat Jawa Tengah. Ketiganya telah bersaing dengan ratusan peserta dari  seluruh kabupaten di Jateng. Pemprov Jateng memilih 15 orang yang masuk nominasi, termasuk peserta dari Purbalingga untuk dilakukan seleksi tahap selanjutnya berupa kunjungan lapangan.
            Ketiga pemuda tersebut masing-masing  Ega Firgiawan Anggita (pemuda pelopor bidang pendidikan), warga Desa Patemon RT 02/II Kecamatan Bojongsari, Siti Rofiah (bidang sosial, budaya, pariwisata dan bela negara), warga Desa Bumisari RT 04/II Kecamatan Bojongsari, dan Maretha Ramadani (bidang pangan), warga Desa Gemuruh RT 02/02 Padamara, Purbalingga.
            Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Drs Subeno, SE, M.Si mengatakan, pada seleksi awal, Purbalingga mengirimkan lima orang peserta di tingkat provinsi. Mereka dari lima bidang kepeloporan masing-masing bidang pendidikan, bidang teknologi tepat guna, komunikasi dan informasi, bidang sosial, budaya, pariwisata dan bela negara, bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan, serta bidang pangan.
“Dari lima orang yang kami kirimkan, tiga orang diantaranya bisa masuk nominasi. Mereka selanjutnya akan diseleksi untuk dipilih dan maju ke lomba serupa di tingkat nasional,” kata Subeno, Kamis (2/7).
Sementara itu, Kepala Seksi Pemuda Dinbudparpora Purbalingga, Bangun Irianto, S.Pd mengungkapkan, untuk nominator Ega Firgiawan bergerak dalam kegiatan ‘Gubug Pintar’. Ega melakukan gerakan motivasi terhadap siswa-siswa di desa untuk meraih cita-cita, seperti menjadi dokter, polisi atau anggota TNI. Ega mengajak teman-temannya yang yang telah sukses menekuni profesinya dalam memberikan motivasi tersebut.
Sementara, Siti Rofiah yang berprofesi sebagai guru pengabdian memiliki sanggar tari Sapu Jagad. Siti juga pernah menciptakan kreasi tari Batik Limbasari (tarian tentang batik dari Desa Limbasari Kecamatan Bobotsari) dan Tari Indel Gula (tarian tentang penyadap gula kepala). “Sedang Maretha Ramadani bergerak sebagai pelaku UMKM yang memproduksi coklat rempah ‘Radenta’,” kata Bangun.
Bangun menambahkan, peninjauan lapangan atau fact finding ke lokasi calon pemuda pelopor akan dilaksanakan pada 27 Juli 2015. (y)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Braling - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis