Headlines News :
Home » » Petani Kutabawa, Panen Perdana Cabai di Green House

Petani Kutabawa, Panen Perdana Cabai di Green House

Written By Kabare Bralink on Monday, December 21, 2015 | 3:43 PM

(Kabare Bralink/Humas)
PURBALINGGA - Kelompok Tani Giri Waluyo, melakukan panen perdana cabai (21/12) di green house sederhana yang berlokasi di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Kegiatan panen perdana ini dihadiri Pj. Sekda Purbalingga Kodadiyanto, pejabat SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga Dinpertanbunhut, Kantor Ketahanan Pangan, BP2KP dan Perwakilan Bank Indonesia (BI) Purwokerto.

Green house ini merupakan program bantuan pembinaan dari Bank Indonesia dan Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto. Ketua Kelompok Tani Giri Waluyo, Wasrip mengatakan ada 7 varietas yang sedang dikembangkan di green house ini, dari cabai kriting sampai dengan cabai varietas unggulan lainnya.

Metode pertanian green house ini adalah kontribusi Bank Indonesia pada pengembangan program pertanian yang bertujuan untuk mensiasati masa panen terutama untuk ketahanan pangan.

Semoga di tahun 2016, akan lebih luas lagi daerah percontohan metode green house seperti ini,” demikian disampaikan Ramdan Denny Prakoso Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto.

Denny menambahkan bahwa metode green house yang dikembangkan kelompok tani Giri Waluyo seharusnya berkembang dan memacu semangat petani lainnya karena metode ini dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian, kestabilan hasil produksi dan tentunya peningkatan kesejahteraan petani akan dapat dicapai.

Dalam kesempatan itu Pj. Sekda Purbalingga Kodadiyanto mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga berterima kasih dan sangat mendukung program ini. Bahkan Pemkab berharap Bank Indonesia akan lebih banyak lagi menurunkan programnya untuk membantu pengembangan potensi bidang lain di Kabupaten Purbalingga.

Nantinya Pemkab siap bantu, kalaupun perlu dilegalkan dengan MOU, kami siap,” tegas Kodadiyanto.

Lebih lanjut Kodadiyanto berpesan kepada petani khususnya anggota kelompok tani Giri Waluyo agar pendampingan dari Bank Indonesia ini jangan membuat ketergantungan. Para petani harus mandiri dan bertekad bahwa kerja keraslah yang akan membuat keberhasilan, tanpa terus mengharapkan bantuan pada orang lain.

Semoga petani Purbalingga semakin makmur..

(Kabare Bralink/Humas)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Braling - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis