Headlines News :
Home » » Mahasiswa UNSOED Melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Di Purbalingga

Mahasiswa UNSOED Melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Di Purbalingga

Written By Kabare Bralink on Wednesday, January 20, 2016 | 9:13 AM

PURBALINGGA – Dalam menuntut ilmu, tidaklah harus di bidang akademik saja. Namun, harus melakukan tindakan-tindakan nyata untuk lingkungan sekitar. Hal itu bisa dilakukan dengan cara membantu beberapa daerah yang tertinggal atau pun memberikan informasi kepada masyarakat luas. Untuk itu, mahasiswa dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto melaksanakan kegiatan kuliah kerja nyata (Kukerta) di Kabupaten Purbalingga. Sebanyak 137 mahasiswa melaksanakan kukerta yang terbagi dalam 11 (sebelas) kelompok. Masing-masing kelompok tersebut ditugaskan di Kecamatan Mrebet (1 kelompok), Kecamatan Kutasari (1 kelompok), Kecamatan Kalimanah (3 kelompok) dan paling banyak 6 kelompok untuk Kecamatan Karangjambu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Setiyadi mengatakan bahwa banyaknya kelompok yang ditugaskan di Kecamtan Karangjambu untuk memotivasi mahasiswa agar pengalaman yang didapat pada daerah yang mempunyai keterbatasan menjadikan pemikiran-pemikiran inovatif untuk membangun menjadi lebih baik.

Karena menurut Nugroho Notosusanto, mahasiswa dan lingkungan pendidikannya bukanlah menara gading yang terlalu berjarak dengan masyarakat,” kata Setiyadi. Ditambahkan Setiyadi bahwa kukerta adalah media pendidikan sekaligus pengabdian kepada masyarakat.

Kukerta atau yang lazim disebut KKN ini akan berlangsung mulai tanggal 22 Januari 2016 sampai dengan 22 Februari 2016. Wakil 1 Rektor Unsoed Masyedi Sumaryadi mengatakan mahasiswa yang mengikuti kukerta agar cepat beradaptasi dan mudah berinteraksi dengan masyarakat, karena diharapkan mahasiswa adalah inovator masyarakat.

Semoga mahasiswa yang melaksanakan kukerta kali ini benar-benar menjalankannya dengan baik dan memperoleh hasil maksimal sebagai bentuk kewajibannya mencurahkan ilmu yang telah diperolehnya di bangku kuliah,” kata Masyedi.

Serah terima peserta kukerta dilaksanakan di Pendapa Dipokusumo (19/01) diterima Pj. Bupati Purbalingga Budi Wibowo. Dalam pesannya Budi Wibowo mengharapkan agar mahasiswa tanggap kondisi di lapangan.

Pasca Pilkada di Purbalingga, agar menghindari hal-hal sensitif yang menimbulkan suasana kurang kondusif agar tercipta sinergitas yang baik dengan masyarakat,” kata Budi.

Budi menambahkan agar mahasiswa juga mampu membimbing generasi muda di tempatnya melaksanakan kukerta sehingga mampu menggerakkan motivasi membangun lingkungan sekitarnya. Dalam kuliah kerja nyata kali ini diharapkan para mahasiswa mampu cepat beradaptasi, berinteraksi dan tetap menjaga kewaspadaan dari pengaruh-pengaruh paham atau organisasi terlarang yang ditemui di masyarakat.


(Kabare Bralink/Hms)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Braling - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis