Headlines News :
Home » » Tentara Veteran Sebagai Contoh Generasi Muda

Tentara Veteran Sebagai Contoh Generasi Muda

Written By Kabare Bralink on Thursday, January 14, 2016 | 3:06 PM

PURBALINGGA – Tentara Veteran Purbalingga yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) hari ini memperingati ulang tahunnya di Pendapa Cahyana komplek kantor wakil bupati Purbalingga (Senin, 14/01). Acara ini sebagai ajang silaturahmi segenap veteran yang ada di Purbalingga dan media refleksi para veteran dalam meneruskan perjuangannya setelah purna tugas sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Ketua Panitia tersebu, Karisan, mengatakan bawha LVRI ini sudah menginjak usianya yang ke 59. Untuk itu harus terus berperan aktif dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena veteran yang sesungguhnya adalah veteran yang mutlak membela keutuhan NKRI, dan melawan bangsa lain. Karisan juga menjelaskan bahwa veteran itu tidak akan pernah melawan NKRI.

Para purnawirawan TNI yang mendukung pergerakan melawan NKRI, itu bukan veteran,” kata Karisan.

Perjuangan veteran tidaklah berhenti ketika masa tugasnya habis sebagai anggota TNI karena veteran adalah inspirator, motivator dan koordinator generasi muda,” kata Pj. Bupati Purbalingga Budi Wibowo dalam sambutannya.

Budi juga menambahkan bahwa peran veteran juga mendidik dan menyiapkan generasi muda dalam upayanya melaksanakan tugas khususnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga.

Peran veteran bagi pembinaan kewarganegaraan dan bela negara sangatlah strategis membentengi kaum muda dari pengaruh buruk paham radikal yang berkembang saat ini. Karena veteranlah yang nantinya membimbing, membina dan mengarahkan generasi muda pada kesadaran bernegara dan membela keutuhan NKRI.

Pemkab Purbalingga sangat berterima kasih atas perannya mengemukakan ide-ide, gagasan dan semua yang bisa diberikan veteran dalam mendukung pembangunan Purbalingga,” kata Budi.

Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati juga meminta dukungan, doa restu dan bimbingan agar nantinya di tahun 2016 pelaksanaan pembangunan Purbalingga berjalan lebih baik seraya berjanji bermusyawarah dengan SKPD terkait untuk membangun Gedung Juang 45 sebagai sarana para veteran bersilaturakhmi, konsolidasi dan menumpahkan ide-ide untuk pembangunan Purbalingga. Peringatan HUT LVRI ke 59 ditandai dengan pemotongan tumpeng dan potongan tumpeng pertama diserahkan Pj Bupati kepada ibu Sumirah Soetardjo, salah seorang veteran yang dahulu bertugas sebagai kurir atau mata-mata Belanda.


(Kabare Bralink/Hms)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Braling - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis