Headlines News :
Home » » Tingkatkan Jiwa Nasionalisme Dengan Sepak Bola

Tingkatkan Jiwa Nasionalisme Dengan Sepak Bola

Written By Kabare Bralink on Thursday, January 21, 2016 | 1:04 PM

PURBALINGGA – Sepak bola, semua orang mengenal sepak bola, dari kalangan mana pun dan tak terbatas dengan usia. Salah satu olahraga yang mampu menyatukan semangat persatuan dan kesatuan, euforianya seperti magnet yang mampu menarik seluruh masyarakat untuk mencintai olahraga sepak bola itu.

Dengan sepak bola, semangat nasionalisme di tengah masyarakat Indonesia bangkit kembali. Untuk itu, pemerintah mengadakan tournament sepak bola 'Piala Jenderal Soedirman'.

Komandan Diklat AD, Letjen Agus Sutono mengatakan dijadikannya nama Jenderal Sudirman sebagai nama tournament sepak bola dengan harapan dapat kembali membangkitkan semangat nasionalisme ditengah masyarakat. Untuk mengenang jasa-jasanya maka dipilihlah Kecamatan Rembang yang merupakan tempat lahir jenderal Sudirman menjadi titik start kirab.

Piala akan dikirab selama 24 jam yang akan di bawa oleh 30 personel prajurit TNI dengan pergantian estafet per 15 km. Dengan waktu yang sudah diperhitungkan piala diharapkan sudah sampai pada Hari Minggu (24/1), karena pada hari itu bertepatan dengan 100 tahun lahirnya Jenderal Sudirman,” kata Agus saat penyerahan piala asli kepada Pangdam 4 Diponegoro di Monumen Tempat Lahir (MTL) Jenderal Sudirman, Rabu malam (20/1).

Agus manambahkan karena persepakbolaan Indonesia yang masih dalam tahap evaluasi, untuk itu perlu diisi kekosongan dengan diadakan tournament sepak bola. Tournament diharapkan dapat memberikan spirit bagi persepakbolan nasional.

Kalah atau menang dalam tournament adalah hal yang biasa, namun kebersamaan dan sportivitas sebagai bangsa itulah yang diutamakan,” katanya.

Pada kesempatan itu juga hadir Danrem 071 Wijayakusuma, Pj Bupati Purbalingga, Forkompimda serta 10 Dandim di wilayah Korem Wijayakusuma, serta para pejabat SKPD dalam wilayah kabupaten Purbalingga. Pada acara tersebut juga digelar Shalawat Kebangsaan oleh Habib Lutfi bin Yahya dari pekalongan serta pagelaran wayang golek oleh dalang Ki Entus Susmono.


(Kabare Bralink/Hms)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Braling - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis