Headlines News :
Home » » Bunuh Rasa Takut Terhadap Matematika Dengan Mengikuti Lomba

Bunuh Rasa Takut Terhadap Matematika Dengan Mengikuti Lomba

Written By Kabare Bralink on Saturday, February 13, 2016 | 2:21 PM

Lomba matematika purbalingga
Para jawara Lomba Matematika XIII
PURBALINGGA – Sampai saat ini, mata pejalaran matematika masih terkesan menakutkan untuk beberapa murid. Ada yang mengatakan terlalu rumit, ada juga yang bingung akan rumus-rumus matematika yang kompleks dan dan panjang. Selain itu, banyak juga model dan gaya dari cara menghitung sebuah soal. Sehingga, hal itu menjadikan beberap siswa enggan untuk mengikuti pelajaran tersebut. Padahal, ilmu matematika juga penting jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Kepala SMK Muhammadiyah Bobotsari, Toto Widiarto dalam sambutannya pada pembukaan Lomba Matematika XIII (LMT XIII) Sabtu siang (13/02), untuk mengurangi rasa ketakutan anak-anak terhadap matematika salah satunya dengan mengikutsertakan anak-anak pada lomba dengan materi matematika.

Toto menambahkan bahwa lomba matematika ini untuk tingkat SD/MI dan SMP/MTs dilaksanakan di dua tempat yaitu gedung barat dan gedung timur SMK Muhammadiyah Bobotsari, terbagi dalam 23 ruangan, diikuti sejumlah 871 siswa dari 155 sekolah. Peserta bukan hanya dari Kabupaten Purbalingga saja tapi juga dari berbagai kabupaten antara lain dari Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Kebumen, Wonosobo, Purworejo, Pemalang, Pekalongan dan Surakarta.

Tahun ini terjadi penurunan jumlah peserta, tetapi ada peningkatan pada jumlah sekolah yang mengikuti,” ujar Toto. Jumlah sekolah tahun ini 155 sekolah terdiri 94 SD/MI dan 61 SMP/MTs.

Tahun ini bertambah 17 sekolah dibanding tahun lalu (2015) yang hanya diikuti 128 sekolah,” ungkapnya.

Lomba matematika smk muhammadiyah bobotsari
Siswa terlihat serius untuk mengerjakan soal Matematika yang dilombakan

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga, Tri Gunawan hadir membuka kegiatan mewakili Pj. Bupati Purbalingga yang berhalangan. Dalam sambutannya, Tri Gunawan mengemukakan bahwa Pemerintah, dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga sangat mengapresiasi positif kegiatan LMT XIII.

Luar biasa, karena bisa dilaksanakan secara kontinyu setiap tahun dan telah sampai periode ke tiga belas (13), kami akan selalu mensupport ” kata Tri Gunawan.

Tri Gunawan berharap adanya LMT XIII bisa menciptakan prestasi yang mampu bersaing di kancah nasional bahkan mungkin internasional dengan bimbingan kejujuran dari para Guru dengan strategi yang mumpuni agar siswanya tidak lagi takut belajar matematika tetapi mampu membawa matematika menuai prestasi yang membanggakan dalam rangka ikut membangun dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Purbalingga.


(Kabare Bralink/Hms)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Braling - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis