Headlines News :
Home » » Cegah Pernikahan Dini, Bupati Purbalingga Akan Keluarkan Peraturan Baru

Cegah Pernikahan Dini, Bupati Purbalingga Akan Keluarkan Peraturan Baru

Written By Kabare Bralink on Tuesday, February 23, 2016 | 1:12 PM

Sebelum menikah, pasangan harus menanam pohon terlebih dahulu
PURBALINGGA – Pemberitaan tentang 'Mau Menikah Dengan Orang Purbalingga Harus Membawa 10 Pohon' sudah santer dibicarkan oleh masyarakat. Hal itu bukan karena tidak sebab, melainkan mengaju pada pernyataan Pemerintah Kabupaten Purbalingga akan menerbitkan aturan yang mewajibakan calon pasangan yang ingin menikah untuk menanam 10 batang pohon keras dulu sebelum memperoleh izin.

Bupati Purbalingga, Tasdi mengatakan surat nikah baru akan diberikan jika pasangan tersebut sudah menanam 10 pohon keras setinggi minimal satu meter.

Kepala desa bertugas menyediakan lahan, bisa di jalan atau makam. Yang penting, sebelum menikah menanam pohon keras dulu, baru kades memberi surat nikah,” ujarnya, Senin (22/2/2016).

Syarat itu akan dituangkan dalam peraturan bupati mengenai aturan pernikahan, yang sudah disiapkan rancangannya. Dia mengatakan keberadaan aturan dibutuhkan untuk membantu mencegah pernikahan dini. Berdasarkan catatan, sebanyak 22% warga Purbalingga melakukan pernikahan di bawah usia 17 tahun.

Pernikahan dini itu menjadi salah satu faktor penyebab tingginya angka kematian ibu dan bayi,” katanya.

Dia melanjutkan untuk mengurangi tingkat kematian ibu dan bayi, selain diatasi dari sisi medis juga bisa dilakukan dari sisi pengaturan perkawinan.

Menurutnya, dibutuhkan kerja sama dari berbagai pemangku kepentingan terkait, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Departemen Agama, dan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional.


(Kabare Bralink/Ery/Kabar24)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Braling - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis