Headlines News :
Home » » Mari Sukseskan Pekan Imunisasi Nasional

Mari Sukseskan Pekan Imunisasi Nasional

Written By Kabare Bralink on Friday, February 26, 2016 | 10:29 AM

PURBALINGGA – Imunisasi, sebagian orang menganggap sebagai hal yang salah dalam dunia kesehatan. Mereka menganggap bahwa bahan yang digunakan sebagai imun (kekebalan) terbuat dari bahan-bahan yang diharamkan. Sebulan terakhir ini pun ramai digunjingkan oleh masyarakat luas tentang baik buruknya imunisasi. Namun, hal itu akhirnya mereda setelah Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa bahwa 'Imunisasi Halal'.

Memang sangat disayangkan jika masih berpikiran kalau imunisasi itu tidak baik. Padahal, imunisasi itu untuk mencegah virus-virus yang masuk ke tubuh, terutama untuk anak balita yang masih rentan. Imun dari anak-anak tersebut belumlah sempurna, sehingga diperlukan adanya imunisasi.


Setiap bayi ataupun balita wajib diimunisasi untuk mencegah hal-hal buruk yang akan terjadi bagi kesehatan, diantaranya Imunisasi BCG (mencegah penyakit paru-paru); Imunisasi Hepatitis B (melindungi anak dari virus Hepatitis B); Imunisasi Polio (mencegah anak dari kelumpuhan); Imunisasi DTP (Diphteria, Tetanus, Pertussis) untuk mencegah anak dari penyakit difteri/infeksi saluran pernapasan dari bakteri, tetanus/infeksi bakteri pada bagian tubuh yang terluka, dan pertusis/batuk rejan; dan Imunisasi Campak (mencegah virus campak yang akan masuk ke tubuh).

Untuk Imunisasi Polio, setiap tahun akan dilakukan Pekanan Imunisasi Nasional (PIN). Di tahun 2016 ini PIN akan dilaksanakan dari tanggal 08 sampai dengan 15 Maret 2016. Jadi, bagi warga yang mempunyai balita, jangan lupa untuk mengimunisasi buah hatinya.

Warga Purbalingga, jangan lupa ya, untuk mengimunisasi Balita di Posyandu terdekat.


(Kabare Bralink/Ery)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Braling - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis