Headlines News :
Home » » Mendoan Masuk Dalam Daftar Menu Pelantikan Bupati

Mendoan Masuk Dalam Daftar Menu Pelantikan Bupati

Written By Kabare Bralink on Wednesday, February 17, 2016 | 7:23 AM

Tasdi Tiwi gladi bersih
SEMARANG – Pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih kabupaten Purbalingga hasil Pilkada serentak 2015 lalu, H. Tasdi, SH.MM dan Dyah Hayuning Pratiwi (Tasdi-Tiwi), Selasa (16/2) menghadiri gladi bersih Pelantikan Bupati-Wakil Bupati dan Walikota-Wakil Walikota di Lapangan Pancasila, Simpang Lima Kota Semarang.

Pada acara itu Tasdi bersama istri, Erni Widyawati Tasdi, dan Wakil Bupati terpilih Tiwi didampingi sang suami. Mereka mengikuti seluruh proses gladi bersih yang disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono. Pelantikannya sendiri akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo atas nama Presiden RI.
Menurut Sri Puryono, pelantikan Bupati dan Walikota hasil Pilkada serentak Rabu (17/2) dibuat berbeda dari sebelumnya. Pelantikannya dibuat terbuka di Lapangan Simpang Lima sebagai penanda keterbukaan. Selain itu konsep pesta rakyat yang diusung menandai komitmen para kepala daerah yang akan bekerja untuk rakyat.

Lihat baliho itu, Untuk Rakyat. Itu tema kita,” ujar Sri Puryono kepada wartawan di sela-sela gladi.
tasdi tiwi gladi bersih

Pelantikan Bupati dan Walikota secara bersama juga dibuat berbeda. Terutama pada prosesi penyematan tanda pangkat dan jabatan yang akan dilakukan oleh istri atau suami dari Kepala Daerah dan Wakil Kepala daerah yang dilantik.


Itu menunjukan kecintaan kepada pasangannya. Juga pelantikan PKK dilakukan sekaligus. Hanya ada sambutan tunggal Pak Gubernur,” jelasnya.

Sebagai pesta rakyat, pada acara itu juga dihidangkan makanan khas tradisional dari 17 daerah. Masing-masing daerah harus menyiapkan sedikitnya 300 porsi makanan berbahan baku lokal. Termasuk Purbalingga yang bakal menghadirkan makanan khas berupa Sroto, mendoan, longah, dan pisang goreng.


Rakyat boleh berbaur. Orang Kebumen bisa makan gulainya orang Solo. Yang dari Solo juga boleh makan mendoannya orang Purbalingga. Dan lainya,” katanya.

Bupati terpilih Tasdi, usai gladi bersih langsung menemui sejumlah pejabat daerah yang telah hadir di lokasi gladi bersih. Diantaranya Pj Sekda Kodadiyanto, Kepala Kesbangpol Satya Giri Podo, Kepala Bagian Pemerintahan Imam Hadi, Kabag Umum Aksan Mashuri dan Kabag Humas Rusmo Purnomo. Juga Pj Ketua TP PKK Ny Noordiana Budi Wibowo.

Tasdi memastikan acara serah terima jabatan akan dilaksanakan pada Sabtu (20/2). Acaranya akan menghadirkan setidaknya 2000 undangan. “Kita siapkan acara sertijabnya tanggal 20,” kataPj Sekda Kodadiyanto membenarkan.

Seperti diketahui, bupati Purbalingga terpilih dalam hajatan Pilkada 2015, H. Tasdi, SH.MM merupakan sosok politikus yang merintis dari jenjang paling bawah di Kota Perwira. Bagi sebagian kalangan, Tasdi yang berpasangan dengan Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) dari awal sudah diunggulkan banyak pihak. Apalagi pasangan wakil bupati Dyah Hayuning Pratiwi merupakan putri sulung mantan bupati Triono Budi Sasongko, yang memiliki nama besar.

Dalam Pilkada 9 Desember lalu, Tasdi – Tiwi akhirnya mampu mengungguli pesaingnya pasangan Sugeng – Sucipto dimana Tasdi – Tiwi memperoleh 228.037 suara (54,51%) dan Sugeng – Sucipto hanya mendapatkan 190.276 suara (45,49%). Tasdi – Tiwi yang diusung PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PAN, PKS, dan Partai NasDem ini unggul di 15 kecamatan dari 18 kecamatan yang ada di Purbalingga. Sedangkan Sugeng – Cipto hanya unggul di kecamatan Purbalingga, Kertanegara dan Kaligondang.

Usai pelantikan, Tasdi – Tiwi akan menggantikan Penjabat Bupati Budi Wibowo yang dilantik Gubernur dan resmi melaksanakan tugas sebagai Pj Bupati sejak Rabu, 5 Agustus 2015. Setelah menyelesaikan tugas sebagai Pj Bupati Purbalingga, pria asli kelahiran Banjarnegara ini akan kembali ke posisi semula sebagai Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Jawa Tengah.


(Kabare Bralink/Hms)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Braling - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis