Headlines News :
Home » » Patung Jenderal Seodirman Akan Dibangun Kembali

Patung Jenderal Seodirman Akan Dibangun Kembali

Written By Kabare Bralink on Monday, February 1, 2016 | 7:20 AM

PURBALINGGA – Seperti yang telah kita ketahui, bahwa salah satu ikon Purbalingga, Patung Jenderal Soedirman telah roboh di awal tahun 2016. Sampai saat ini, belum juga diperbaiki, untuk itu Forum Purbalingga Bersih (FPB) Kabupaten Purbalingga ditunjuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga untuk membangun kembali patung Jenderal Soedirman yang beberapa waktu lalu roboh. Hal tersebut terungkap saat rapat terbatas antara Penjabat Bupati Purbalingga, Budi Wibowo bersama instansi terkait di Ruang Kerja Bupati. Jumat (29/1).

Pelaksana pembanguan Patung Jenderal Soedirman adalah Forum Purbalingga Bersih,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Purbalingga Sigit Subroto, usai pelaksanaan rapat.

Menurut Sigit, dalam rapat tersebut, FPB diminta mengajukan surat permohonan ke Bupati Purbalingga untuk melaksanakan pembangunan kembali bangunan tersebut. Setelah usulan pengajuan tersebut sampai ke bupati, selanjutnya bupati akan menerbitkan surat persetujuan yang akan dituangkan dalam surat keputusan bupati berupa surat persetujuan yang di dalamnya mengatur persayaratan serta kriteria bahan pembuatan patung.

Dalam rapat tersebut, bupati juga menyampaikan catatan penting serta kriteria bahan pembuatan patung, agar di kemudian hari tidak akan terulang lagi kejadian robohnya patung tersebut. Kedepan, biaya pemeliharaan patung akan dianggarkan oleh pemerintah kabupaten, selain itu, pemeliharaan benda-benda tersebut kedepan juga akan dilaksanakan dengan metode kehati-hatian serta mengedepankan aspek keamanan, seperti pengecatan dan pembersihan benda tersebut akan menggunakan tangga dengan tidak menginjak patung tersebut.

Sigit mengungkapkan, untuk pembiayaan pembangunan patung yang terletak di Jalan Majen Sungkono Purbalingga itu, nantinya FPB akan menampung dari berbagai donator-donatur serta dari berbagai pihak seperti komunitas masyarakat Purbalingga yang ada di perantauan dan lain sebagainya.

Berdasarakan data yang ada, pembangunan Patung Jenderal Sodirman yang diresmikan di era Bupati Purbalingga, Triyono Budi Sasongko pada 31 Desember 2004, menelan biaya Rp270 Juta serta terbuat dari fiber dan kerangka besi.


(Kabare Bralink/Hms)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Braling - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis