Headlines News :
Home » » Patung Jenderal Soedirman Dibangun Kembali

Patung Jenderal Soedirman Dibangun Kembali

Written By Kabare Bralink on Monday, February 15, 2016 | 1:34 PM

PURBALINGGA – Kejadian awal tahun 2016 yang menyebabkan Patung Jenderal Soedirman roboh, mulai dibangun kembali. Patung yang akan kembali diletakkan di lokasi semula di Simpang Empat Terminal Purbalingga tersebut, mulai dirangkai oleh pembuatnya, Azmir Azhari di Kompleks GOR Mahesa Jenar Purbalingga.

Kami memang mendatangkan Azmir, sang pembuat patung dari Jakarta. Dia menggarap kembali patung Soedirman yang roboh tersebut,” kata Ketua Forum Purbalingga Bersih (FPB) Ir Kris Hartoyo Yahya, Jumat (12/2).

Pembangunan kembali patung yang menjadi ikon Kabupaten Purbalingga tersebut, dilakukan oleh organisasi yang dipimpin olehnya.

Hal itu dilatar belakangi banyak hal. Salah satunya dikarenakan patung tersebut merupakan identitas Purbalingga,” ujarnya.

Diantaranya, pahlawan nasional tersebut lahir di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Purbalingga.

Kami mengajukan diri kepada Pemkab dan diberi kepercayaan membangun kembali patung yang roboh tersebut,” ungkapnya.

Terkait dana pembangunan patung tersebut, pihaknya mendapatkan dari donatur yang tidak mengikat. Dana dari donatur atau pihak ketiga dipilih, karena jika menunggu anggaran dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, akan membutuhkan waktu yang lama.

Kemungkinan anggaran baru bisa dimunculkan di APBD Perubahan 2016. Itu terlalu lama. Makanya kami mengambil inisiatif untuk menjadi penanggung jawab dan pelaksana pembangunan,” imbuhnya.

Anggaran pembangunan kembali patung tersebut, diperkirakan menghabiskan dana Rp 300 juta. Dia menargetkan pembangunan akan memakan waktu sekitar satu bulan. Selain itu, patung tersebut akan didirikan lagi di lokasi lama, yakni di Simpang Empat Terminal Purbalingga. Sebelumnya sempat ada usulan agar patung tersebut dipindah ke Jalan Soedirman.

Menurut kami lebih strategis di di lokasi semula. Karena merupakan pintu masuk ke kota Purbalingga,” tandasnya.

Penjabat Bupati Purbalingga, Drs. Budi Wibowo, Msi menyambut baik inisiatif dari FPB untuk membangun kembali patung tersebut. Nantinya pondasi dan kerangka patung tersebut akan dibuat lebih kuat. Dengan demikian patung tersebut tak mudah roboh.

Pembangunan kembali patung Soedirman memang harus dilakukan lebih cepat. Karena jika terlalu lama tidak dibangun kembali masyarakat akan jadi polemik,” tuturnya.


(Kabare Bralink/RB/Ery)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Braling - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis