Headlines News :
Home » » Pokdarwis Kedungbenda Melakukan Pelatihan SAR

Pokdarwis Kedungbenda Melakukan Pelatihan SAR

Written By Kabare Bralink on Friday, March 4, 2016 | 10:00 AM

PURBALINGGA – Untuk memberikan kenyamanan dan meningkatkan pelayawan kepada para wisatawan, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Linggamas, Desa Kedungbenda, Kecamatan Kemangkon, menggelar pelatihan SAR (Search and Rescue) di Sungai Klawing. Pelatihan yang menghadirkan instruktur dari SAR diikuti oleh oleh 30 orang pengelola dan pengurus Pokdarwis.

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Ir. Prayitno, M.Si mengatakan, pelatihan ini untuk mendukung salah satu paket wisata di Desa kedungbenda yakni menyusuri sungai Klawing menuju Congot (pertemuan Sungai Klawing dan Serayu).

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di sungai, diperlukan kesiapsiagaan pengelola wisata air dalam hal keterampilan pertolongan dan penyelamatan di air. Peserta juga diharuskan mampu mengoperasionalkan alat bantu evakuasi air bilamana diperlukan,” kata Prayitno, Kamis (3/3).

Ketua Pokdarwis Pesona Linggamas, Adri mengharapkan, kegiatan pelatihan perlu terus dilakukan diwaktu yang akan datang karena bermanfaat untuk menambah skill penyelamatan jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan di air. Animo pengelola wisata perahu yang ikut pelatihan sangat tinggi. Semula kami hanya menyiapkan 15 orang sebagai pengelola inti, namun ternyata ada 30 orang yang mengikuti.

Dengan pelatihan ini kami mendapatkan pengalaman cara pertolongan korban di air, dan mengetahui teknik bagaimana penolong tidak menjadi korban saat evakuasi pertolongan,” kata Adri.


(Kabare Bralink/Wisata)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Braling - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis