Headlines News :
Home » , , , » Insan Wisata Purbalingga Siap Gaspol Bareng Bangkitkan Wisata

Insan Wisata Purbalingga Siap Gaspol Bareng Bangkitkan Wisata

Written By Kabare Bralink on Saturday, April 23, 2022 | 5:09 PM

Purbalingga siap bangkitkan wisata Purbalingga

Purbalingga – Insan Wisata Purbalingga siap bersinergi dan bergerak bersama untuk membangkitkan kembali sektor wisata. Hal itu disimpulkan dalam Silaturahmi Insan Wisata Purbalingga bertempat di Ruang Andrawina, Kompleks Owabong, Jumat (22/04).

“Kuncinya adalah sinergi dan kolaborasi. Kami mengajak semua stakeholder pariwisata untuk bergerak bersama membangkitkan Wisata Purbalingga,” ujar Kadinporapar Prayitno saat memberikan sambutan pada acara tersebut.

Menurutnya, seluruh stakeholder pariwisata bisa bergerak dengan perannya masing-masing, namun dalam kerangka sinergi. “Kami dari dinas siap untuk menjadi stimulator dan fasilitator untuk kebangkitan wisata,” imbuhnya.

Kesiapkan juga disampaikan oleh Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Purbalingga Agus Sediyono. Mereka memiliki program untuk mengedukasi pelaku wisata Purbalingga, utamanya yang ada di Desa Wisata tentang kepramuwisataan. “Jangan sampai wisatawan datang berkunjung ‘dijor klowor’ (dibiarkan) karena pengelola tidak tahu bagaimana meng-guide-nya,” ujar Agus.

Sementara, Indira dari Asosiasi Biro Wisata Purbalingga (Asbiling) menyampaikan biro-biro akan menyiapkan paket-paket wisata yang akan dijual. Selama ini, biro wisata Purbalingga malah lebih sering menjual paket wisata ke luar kota.

“Kita membutuhkan data daya tarik wisata mana yang siap dijual, dengan adanya forum ini semoga akan ada informasi yang akurat sehingga kami akan segera membuat paket wisata Purbalingga yang diminati wisatawan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bambang Eddy Siswondo dari Tourism Information Center (TIC) Purbalingga manyatakan pihaknya siap untuk membantu promosi wisata Purbalingga. Oleh karena itu, pengelola wisata perlu untuk membuat materi promosi. “Kami siap mempublikasikan secara luas informasi wisata Purbalingga dengan berbagai media yang ada,” ujarnya.

Abdul Ghani dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Purbalingga juga siap berkolaborasi untuk memajukan wisata Purbalingga.

Kemudian, Perumda Owabong selaku BUMD wisata juga mengaku siap bersinergi dan membantu pengelola daya tarik wisata di desa-desa. “Kami terbuka untuk pengelola wisata yang mau belajar, kami juga selalu mempromosikan wisata Purbalingga yang lain kepada wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata yang dikelola Owabong,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pada 2022 ini ditargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 1.850.000 orang datang ke Purbalingga. Sampai Triwulan I 2022, data yang dihimpun oleh Dinporapar sebanyak 562.843 wisatawan sudah berkunjung ke Purbalingga.

Salam Purbalingga Memikat.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Braling - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis